Sabtu, November 05, 2011
0
            Pada tanggal 3-4 november diadakannya kegiatan PELATIHAN JURNALISTIK DAN KEPEMIMPINAN oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNAND yang diadakan di Kampus Jati UNAND, acara yang diadakan selama dua hari ini membahas berbagai hal yang menyangkut  kepemimpinan dan juga mengenai jurnalistik. 
            Pada hari pertama acara di buka oleh PDIII Fakultas Ekonomi yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh panitia, pada hari pertama ini hal yang di bahas mengenai kepemimpinan yang diantara Gaya Kepemimpinan, Interpersonal Human Skill. Pada Hari pertama ini semua hal yang di bahas adalah mengenai kepemimpinan.
Seorang pemimpin adalah orang yang di agung-agungkan dalam sebuah organisasi atau dalam berbagai bidang yang lainnya, seorang pemimpin adalah orang yang penuh tanggung jawab akan jabatan dalam tugas yang telah di amanhkan kepanya. Seperti halnya yang pernah di katakan oleh peter drucker :
            “Leadership is about lifting a person’s vision to heigher sight, the reasing of a person’s performance to a heigher standart. The building of a yond it’s norma limitations”
Dari kata-kata peter drucker diatas dapat kita artikan bahwa seorang pemimpin itu adalah orang yang mempunyai “VISI” yang kuat dan sangat jelas hal inilah yang akan membangun kinerjanya dalam membangun sebuah organisasi yang di pimpinnya, dan hal lainnya seorang pemimpin itu harus berjiwa besar dalam berbagai hal. Dapat kita contohkan dalam suatu bidang pekerjaan seorang karyawan baru lebih bisa mengerjakan sesuatu hal dari atasannya, Seorang pemimpin yang leadership tidak harus merasa tersaingi dari karyawannya ini karena dia sadar mungkin dia bisa belajar untuk menjadi lebik baik pada karyawan tersebut.
Dalam dunia pekerjaan banyak hal yang terjadi seorang pemimpin tidak tahu akan pekerjaan yang dia pimpin, tidak bisa membangun kerja sama dengan bawahannya, atau tidak bisa membangun sosialisasi dengan khalayak banyak. Seperti halnya sorang manager dalam perusahaan belum tentu dia itu leader dan seorang leader belum tentu dia itu manager, tapi sebagusnya seorang pemimpin/manager tersebut adalah seorang leader di karenakan dia bisa membangun hubungan baik dengan karyawan juga bisa menyelesaikan tugas yang di embannya. Jadi semua hal yang dilakukan bisa semaksimal mungkin.
Perbedaan seorang manager dengan leadership
a. Focus on the botton line
a. focus on the top line
b. Deals with speed and getting thing done
b. Deals with direction and vision
c. Estabilizer structure and system to get results
c. Work effectiveneess and direction to get results
d. Organizer resoucher to serve select objective
d. drive it’s power from principles and coret values
e. Product predictability, order, and short-term results
e. produces change and for reaching results
f. You manage think
f. you leader to people

Dari tabel perbedaan management vs leadrshipdiatas maka muncullah pertanyaan-pertanyaan yang sanagt mengganggu fikiran kita:


What Is Leadership?
Sebenarnya jawaban untuk semua hal itu sangatlah mudah untuk di jawab, seorang leadership itu adalah dia adalah “to guide, stand in front of, point the direction to” yaitu orang yang menjadi guide/pembimbing orang yang bisa dipercaya, yang selalu berdiri di depan yaitu apapun hal yang terjadi pada lembaga yang di pimpinnya dialah yang paling utama memikirkan serta mencari solusi dari msalah tersebut, kemudian point the direction to yaitu orang yang memikirkan kalnjutan dari lembaga yang di pimpinnya dimasa depan.seorang leader cendrung lebih mengedepankan perasaaan kepada setiap orang.
and What Is Management ?
            “using or wielding of a lad a weapon” orang-orang yang menggunakan keuasan dalam melakukan suatu tindakan yang akan dilakukan sebagai suatu tindakan, seorang management juga mendapat kepercayaan dari bawahannya. Namun seorang management dalam melaksanakan pekerjaannya cendrung menekankan otoriter dan deadline yang sudah di tentukan, dengan demikian apapun pekerjaan harus siap sampai batas waktu tersebut..
            Antara management dengan leadership sangat jauh perbedaan dalam melakukan tugas maupun dalam membangun sebuah organisasi, jadi diantara dua orang tersebut manakah yang baik? Semuanya baik dalam melakukan kepemimpinan,hal itu tergantung pada waktu atau sikon yang di hadapi makanya sorang pemimpin itu idealnya adalah seorang yang leadership..

0 komentar:

Posting Komentar